Sekilas Tentang Pulau Harapan di Kepulauan Seribu Utara

pulau harapan destinasi wisata bahari
Pulau Harapan, adalah salah satu kelurahan dari bagian wilayah kecamatan Kepulauan Seribu Utara, Kabupaten Kepulauan Seribu, Propinsi DKI Jakarta dan berada di koordinat 05º 39’ 10’’ LS dan 106º 34’ 41’’ BT. Kelurahan terjauh dari Jakarta setelah Pulau Kelapa. Saat ini Pulau Harapan dikenal sebagai salah satu tujuan wisata Bahari paling favorit bagi warga Jakarta khususnya, wisatawan Nusantara dan manca negara. Aktivitas yang paling digemari adalah snorkeling atau selam permukaan dan jelajah pulau atau hopping island.
Pulau Pelemparan, adalah sejarah nama lampau dari Pulau Harapan, karena pada awalnya merupakan pulau yang dijadikan daerah tujuan transmigrasi dan relokasi penduduk. Pulau Harapan saat ini memiliki jumlah penduduk sebanyak 2.205 jiwa atau 427 KK dan terdiri dari 3 RW dan kebanyakan pendatang dengan beragam etnis, Bugis, Mandar dan Jawa.
Pulau Harapan kini sedang berbenah, pembangunan dan renovasi dermaga kapal sedang berlangsung, seiring semakin berkembangnya geliat industri pariwisata dengan tema wisata bahari.
dermaga baru pulau harapan

Pulau Harapan, dikelilingi banyak pulau-pulau kecil

Pulau Harapan merupakan pulau berpenduduk dan memiliki luas daratan kurang lebih 6,7 hektar dan dipadati oleh pemukiman penduduk. Sebagai pusat pemerintahan di Kelurahan Pulau Harapan, mengelola dan membawahi sebanyak 30 gugusan pulau dengan beragam peruntukannya, dari pulau resort, konservasi dan wisata. Status Kawasan Pulau Harapan masuk ke dalam Kawasan Taman Nasional Laut Kepulauan Seribu. Status tanah di pulau dimiliki oleh Pemerintah Daerah dan tanah adat.

Penduduk Pulau Harapan 100% menganut agama Islam. Mata pencaharian utama sebagian besar penduduk adalah sebagai nelayan tangkap.




wisata pulau harapan